Senin, 24 Juni 2013

KUNCI SUKSES PERNIKAHAN

Ada salah satu teman yang bertanya kepadaku melalui sms, beliau bertanya “satu hal yang terpenting dalam pernikahan, dijawab cukup satu saja?”.
Saya pun membaca sms itu, sambil tersenyum, dan saya pun membalas dengan satu jawaban tanpa keterangan, karena beliau minta satu jawaban

“Iman kepada Allah SWT”



Tujuan hidup kita di dunia itu, untuk beribadah kepada Allah SWT. Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah SWT.

“ Tidaklah aku ciptakan manusia dan Jin, melainkan untuk beribadah kepada-Ku.” QS. Ad Zariyat ayat 56

Banyak orang mengatakan dalam pernikahan harus saling jujur, saling percaya, saling mencintai, biar biduk rumah tangganya bisa langgeng. Namun, menurut saya pernikahan itu harus didasari Iman yang kuat kepada Allah SWT.

Ketika kita sudah beriman kepada Allah SWT, apapun yang diperintahkan dan dilarang oleh-Nya akan kita lakukan. Karena aturan main kita selama hidup di dunia ini berada di dalam Al-Qur’an, jika kita sudah sama-sama tahu bahwa marah itu dilarang oleh Allah SWT, maka kita akan meminimalisir amarah kita dengan cara yang telah diajarkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya kepada kita.

Jika pernikahan itu didasarkan pada Iman pada Allah SWT, maka segala bentuk aktivitas kita akan kita niatkan untuk Allah SWT, maka minim sekali pertengkaran-pertengkaran yang terjadi dalam rumah tangga kita, Karena pertengkaran itu hal yang lumrah dalam pernikahan, biasanya pertengkaran itu bermula dari kesalah pahaman.

Mengapa orang dulu tingkat perceraiannya lebih minim dibandingkan orang sekarang, karena pengetahuan tentang agamanya kurang, sehingga dalam menjalankan rumah tangganya asal-asalan, makanya sekarang banyak keluarga yang asal-asalan, tidak punya jati diri. salah satu buktinya adalah mengikuti trend yang sedang terjadi di negaranya

Kita diciptakan oleh Allah SWT dibekali Al-Qur’an dan Assunnah, jika kita tidak mau mengikuti petunjuk kehidupan dari Sang Pencipta, maka hidup kita pasti tersesat. Sama halnya, ketika kita ingin memperbaiki alat elektronik yang berbeda merk, pasti petunjuknya juga berbeda.

Manusia diberi petunujuk berupa Al-Qur’an dan Assunah, jika dibaca, dipelajari dan diamalkan dengan baik, maka Insya Allah pasti bener kita sebagai manusia.
Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, banyak tantanganya dan tantangan-tantangan itu, jawabannya ada di Al-Qur’an dan Assunnha, jika anda tidak percya, silahkan buktikan, karena saya sudah sering membuktikannya.

Wallahua’lam bishowab

Tidak ada komentar: