Senin, 07 Januari 2013

Manfaat Air Hujan


Pagi itu mendung, tetapi tidak menyurutkan niatku untuk menyapu pekarangan samping rumah, Karena sudah banyak daun-daunan yang jatuh dari pohonnya berserakan, apalagi daun bamboo yang sudah menguning pasti akan jatuh dengan sendirinya dari tangkainya. Namun, ketika sampah daun-daunan itu telah berhasil aku kumpulkan dengan sapu lidi dari ujung utara ke selatan aku menyapunya. Saat itu ada tetangga yang melewati pekarangan rumah ketika aku mnyapu dan beliau berujar ke padaku, “ sampah-sampah itu disapu tapi tidak bisa dibakar, karena basah.” Aku pun menjawab “ iya, tidak apa-apa, setidaknya bisa terlihat agak bersih pekarangan ini.” Sambil tersenyum, beliau pergi meninggalkan aku dan aku pun meneruskan proses menyapuku.
Ditengah-tengah proses menyapuku, aku melihat begitu banyak jenis tanaman yang tumbuh di pekarangan dan aku bergumam dalam hati “ percuma saja, aku mencabuti daun-daun itu, mereka tumbuh hanya musim hujan, aku biarkan saja tanaman-tanaman itu sambil aku lihati adakah tanaman bayam disana, satu persatu aku lihat tidak ada satupun tanaman bayam yang tumbuh disitu, siapa tahu bisa dibuat sayur untuk sarapan pagi, padahal tahun lalu ketika musim hujan, banyak tanaman bayam yang tumbuh.
Dan aku pun mulai teringat dengan pelajaran biologi yang pernah aku pelajari dulu “ tanaman pertama kali yang tumbuh adalah jenis paku-pakuan” dan satu persatu aku lihat tidaka da satupun jenis tumbuhan paku-pakuan, dan aku mulai penasaran dengan ingatanku itu, apa aku salah ingat atau bagaimana. Di sisi lain aku teringat pada Firman Allah SWT tentang manfaat Allah SWT menurunkan hujan.
 “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. ( QS. Ibrahim ( 14) : Ayat 32 )
Subhanalllah dari proses menyapuku tadi, aku menemukan pembuktian kebesaran Allah SWT, bahwa Allah SWT Maha Benar dengan segala firman-Nya. Aku mendapat ilmu, bahwa Allah SWT menurunkan air hujan tidak dengan sia-sia, tetapi menurunkan hujan untuk kemaslahatan makhluk-Nya. Namun, mengapa masih banyak orang yang mengeluh ketika air hujan turun. Allah SWT menurunkan hujan dan menumbuhkan berbagai macam tumbuhan dipekarangan rumahku, kalau tidak percaya coba perhatikanlah pekarangan rumah anda. Dan Tidak semua tanah bisa ditumbuhi rumput, tergantung tanahnya. Tanah yang ada rumputnya itu tanah yang agak keras berpasir. Ada banyak tanaman disekitar rumahku salah satunya dibagian tembok ada banyak lumut, dipekarangan ada jenis daun-daunan seperti jenis bayam, tetapi bukan tanaman bayam. 
Jika kita mau memperhatikan lingkungan sekitar kita dan merenunginya, Insya Allah kita akan mendapat banyak ilmu dari hasil melihat kita dan bisa bertambah bertaqwa kepada Allah SWT. 

Tidak ada komentar: